Rabu, 08 Agustus 2012

Meniran

Meniran disebut juga Phyllanthus urinaria Linn. untuk yang batangnya berwarna hijau kemerahan,atau phylanthus niruri untuk yang batangnya berwarna coklat pucat.Tanaman ini di kenal dengan nama daerah Memeniran atau meniran merah.Tumbuhan ini kaya dengan kandungan kimia yang sudah diketahui antara lain : - Filantin,-hipofilantin,-kalium,-damar,-tanin.Dalam farmakologi Cina meniran disebut sebagai tanaman yang memiliki rasa agak asam dan sejuk.Sedangkan bagian tanaman yang dapat digunakan seluruhnya dengan dikeringkan/dianginkan. Namun perlu diingat juga, tanaman meniran menimbulkan efek impotensi apabila terlalu banyak dikonsumsi.
.
Bedasarkan  berbagai literatur yang mencatat pengalaman secara turun – temurun dari berbagai negara dan daerah,tanaman ini dapat menyembuhkan penyakit-penyakit sbb :
1.        Nephritic edema (Radang ginjal dengan protein dalam air seni )
      Cara pemakaian: Setengah genggam daun meniran ditambah 3 gelas air, rebus sampai ¾ nya, ditambah   madu.secukupnya, gunakan sehari 3 kali ¾ gelas. Minum banyak air putih.
2.    Susah kencing disertai sakit perut / pinggang
       Tujuh batang tanaman segar direbus dengan 2 gelas air sampai jadi 1 gelas, minum 3 kali sehari sekali   minum 1/3 gelas       
3.     Nyeri saat buang air kecil
      Lima batang meniran berikut akarnya, direbus dengan 2 gelas air menjadi 1 gelas, minum banyak air putih.
4.        Batu Ginjal
     Satu sendok daun kumis kucing yang dihaluskan, ditambah 7 batang meniran berikut akarnya, direbus dalam 2 gelas air menjadi 1 gelas. Minum sehari 3 x 1/3 gelas.dan minum banyak air putih.
5.        Disentri
       Tanaman segar 30-60 gram direbus dalam 2 gelas air sampai menjadi 1 gelas. Airnya diminum 2x sehari.
6.       Hepatitis   Herba segar 30-60 gram direbus. minum sehari sekali. 
7.    Rabun senja, Herba segar 15-20 gram tambah hati ayam, tim.
8.    Bisul di kelopak mata,  Celupkan bagian mata yang bisul ke dalam air rebusan meniran yang masih hangat kuku diulang beberapa kali dalam sehari.
9.        Rheumatik,  Minum rebusan air meniran . 
10.  Digigit anjing gila
      Herba segar sebanyak 4-6 gram direbus lalu diminum. Untuk pengobatan luar, tempelkan luka dengan tanaman yang digiling/dihaluskan dan dicampur  nasi.
11.    Sakit ayan
     Daun meniran ¾ genggam, direbus dengan air bersih 5 gelas, sampai mendidihhingga tinggal setengahnya. Minum 3x3/4 gelas per hari.
      
CARA BUDIDAYA
Perbanyakan tanaman menggunakan biji. Biji disemaikan dan di pindah. Pemeliharaan tanaman ini mudah,seperti tanaman lain dibutuhkan cukup air dangan penyiraman atau menjaga kelembaban tanah dan pemupukan terutama pupuk dasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar